RPP kls VII Klasifikasi Benda


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan pendidikan      : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : VII/1
Topik                           : Klasifikasi Benda
Sub topik                     : Membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup
Alokasi waktu             : 2 JP (1 x tatap muka)
A.    KOMPETENSI INTI
KI.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.

3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.

4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup.

C.    INDIKATOR
1.      memiliki rasa ingin tahu teliti dan peduli lingkungan melalui diskusi atau kerja kelompok dan melakukan pengamatan tentang makhluk hidup dan benda tak hidup.
2.      menunjukkan ketekunan, tanggung jawab dan saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
3.      Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup.
4.      Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan pembelajaran peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda disekitar berdasarkan ciri-cirinya.
2.      Melakukan kajian Lembar Kerja Siswa peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan ciri-cirinya
3.      Melalui study pustaka dan diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan perbedaan  makhluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan ciri-cirinya.

E.     MATERI
·         Berbagai makhluk hidup yang ada disekitar kita memiliki ciri mendasar yang hampir sama dengan makhluk yang lainnya. Ciri tersebut adalah : bernafas, bergerak, tumbuh dan berkembang, membutuhkan makan dan minum, berkembangbiak, peka terhadap rangsang, serta menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
·         Setiap saat makhluk hidup membutuhkan energy untuk aktivitas hidupnya.energi yang dimiliki oleh makhluk hidup berasal dari makanan yang mereka makan. Cara makhluk hidup mendapatkan energy dari makanan yang dimakannya melalui proses pernafasannya.
·         Alat pernafasan yang dimiliki makhluk hidup, seperti insang, trakea, paru-paru, stomata dan lentisel.
·         Alat gerak yang dimilik makhluk hidup diantaranya : flagel, bulu getar, sirip, sayap, tangan, kaki.
·         Pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat irrevelsible (tidak dapat kembali ke bentuk semula) pertambahan volume ini disebabkan karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel. Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa di ukur dengan alat ukur. Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif.
·         Makhluk hidup memerlukan makan dan minum, salah satu fungsi makanan dan minuman bagi makhluk hidup adalah sebagai sumber energy.
·         Untuk melestarikan kelangsungan hidupnya makhluk hidup berkembangbiak/bereproduksi. Berkembangbiak dapat dilakukan dengan cara generative (seksual) dan vegetative (aseksual).
·         Beradaptasi atau menyesuaikan diri terhadap lingkungan dilakukan dengan tujuan agar makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya.
F.     PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi dan pengamatan
3.      Model              : Discovery Learning
G.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      MEDIA
a.       Lingkungan
b.      Gambar
2.      ALAT DAN BAHAN
a.       Lembar kerja siswa
b.      Benda-benda disekitar sekolah
-        Hewan dan tumbuhan yang ada disekitar sekolah
-        Meja
-        Kursi
-        Batu , dll
3.      SUMBER BELAJAR
a.       Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b.      Beberapa makhluk hidup dan benda tak hidup
c.       LKS ciri-ciri makhluk hidup
H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-langkah model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulation)
Pemusatan perhatian
-        Menyiapkan peserta didik untuk belajar
-        Guru meminta peserta didik keluar kelas untuk mengamati benda-benda disekitar kelas, kemudian guru mengajukan pertanyaan :
·         Apa saja yang kalian lihat di luar kelas tadi?
·         Apakah benda-benda yang kalian lihat di luar kelas tadi memiliki ciri-ciri yang sama?
·         Sebutkan perbedaan yang terdapat pada benda-benda tersebut
-        Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran
10 menit
Kegiatan inti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah







Observasi




Pengumpulan data



Pengolahan data dan analisis


Verifikasi




Generalisasi

-        Menyampaikan informasi tentang kegiatan yan akan dilakukan yaitu melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah untuk mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup
-        Membagi lembar kerja yang berisi tabel pengamatan.
-        Membagi peserta didik dalam kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang.

-        Pesrta didik mengamati benda disekitar sekolah secara berkelompok
-        Peserta didik bersama kelompoknya berdiskusi untuk mengkaji Lembar Kerja

-        Peserta didik mencatat hasil pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS

-        Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja.

-        Mempresentasikan hasil pengamatan masing-masing kelompok didepan kelas.
-        Diskusi hasil pengamatan yang sudah dipresentasikan.

-        Membuat kesimpulan
50 menit
Penutup

-        Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau penghargan lain) pada kelompok yang berkinerja baik
-        Peserta didik menjawab kuis tentang ciri-ciri makhluk hidup
-        Pemberian tugas  untuk mempelajari tentang pengklasifikasian benda tak hidup
20 menit

I.       PENILAIAN
1.      Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes unjuk kerja
Laporan hasil pengamatan
Tes tertulis
Tes uraian

2.      Instrument
a.      Lembar pengamatan sikap
LEMBAR PENILAIAN SIKAP PADA KEGIATAN DISKUSI
NO
Nama
Tangung jawab
Percaya diri
Kerjasama
Jumlah skor
1





2





3





4





5











Rubric penilaian sikap dalam kegiatan diskusi
No
Aspek yang dinilai
Rubric
Nilai
1
Tanggung jawab
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya teoat waktu.
3
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
2
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
1
2
Percaya diri
Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan idea tau gagasan
3
Aktif dalam Tanya jawab , idak ikut megemukakan pendapat
2
Tidak aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide
1
3
Kerjasama
Bekerjasama dengan baik dan menghargai pendapat teman
3
Bekerjasama dengan baik dan kurang menghargai pendapat teman
2
Tidak bekerjasama dengan baik dan tidak menghargai pendapat teman
1

Nilai =  %

Keterangan ;
Nilai
Range
A
91 – 100
B
81 – 90
C
71 – 80
D
61 – 70
E
£ 61





b.      Lembar pengamatan ketrampilan
No
Nama benda disekitar skolah
Ciri-ciri benda
Penggolongan benda
Makhluk hidup
Benda tak hidup
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




….









                       
                        Rubric penilaian
Skor 1 apabila jawaban benar
Skor 0 apabila jawaban salah

Nilai

c.       Instrumenst soal tertulis
Jawablah soal berikut dengan benar dan jelas!
1)      Jelaskan ciri mendasar yang dimiliki makhluk hidup sehingga dapat membedakannya dengan benda mati!
2)      Bagaimana cara makhluk hidup menjaga kelestarian hidup jenisnya?
3)      Apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?
4)      Apakah yang terjadi pada makhluk hidup jika terjadi perubahan pada linkungannya?
5)      Tulislah 2 fenomena alam yang menjadi petunjuk bahwa tumbuhan dapat bergerak!

Kunci jawaban
1)      Berkembangbiak
2)      Berkembangbiak
3)      Pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat irrevelsible (tidak dapat kembali ke bentuk semula) pertambahan volume ini disebabkan karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel. Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa di ukur dengan alat ukur. Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif.
4)      Melalui adaptasi
5)      Daun pada petai cina menutup pada sore hari, dan gerak ujung akar menuju ke air

Mengetahui
Kepala Sekolah SMP N 1 Sambong




Hermawan S.Pd
NIP. 19650306198903 1 012
Sambong,  Juli 2014
Guru Mata Pelajaran




Rinny Hariyanti S.Pd
LEMBAR KERJA SISWA

1.      TUJUAN
a.       Mengetahui perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup
b.      Mengetahui ciri-ciri makhluk hidup
2.      CARA KERJA
-        Bekerjasamalah dengan anggota kelompokmu
-        Amati lingkungan di sekitar sekolah
-        Isilah tabel dibawah ini dengan nama benda yan diamati beserta ciri-ciri dan penggolongannya!
3.      TABEL PENGAMATAN
No
Nama benda disekitar skolah
Ciri-ciri benda
Penggolongan benda
Makhluk hidup
Benda tak hidup
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




….










4.      PERTANYAAN
Dari tabel pengamatan yang telah kalian isi jawablah pertanyaan berikut :
1.      Benda apa sajakah yang termasuk makhluk hidup?
2.      Apa yang membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup?
3.      Sebutkan ciri-ciri apa saja yang dimiliki oleh makhluk hidup?




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

teka teki MOS

Cara Mencangkok Yang Baik Dan Benar