RPP kls VII Klasifikasi Benda
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/1
Topik : Klasifikasi Benda
Sub topik : Membedakan
makhluk hidup dengan benda tak hidup
Alokasi waktu : 2 JP (1 x tatap muka)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3.
Memahami
pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI.4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup
yang ada di lingkungan sekitar.
4.2
Menyajikan
hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup.
C.
INDIKATOR
1. memiliki
rasa ingin tahu teliti dan peduli lingkungan melalui diskusi atau kerja
kelompok dan melakukan pengamatan tentang makhluk hidup dan benda tak hidup.
2. menunjukkan
ketekunan, tanggung jawab dan saling menghargai dalam kegiatan belajar dan
bekerja baik secara individu maupun kelompok.
3. Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup.
4. Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan pembelajaran peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda
disekitar berdasarkan ciri-cirinya.
2. Melakukan
kajian Lembar Kerja Siswa peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan
makhluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan ciri-cirinya
3. Melalui
study pustaka dan diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan benda tak
hidup berdasarkan ciri-cirinya.
E.
MATERI
·
Berbagai makhluk hidup yang ada
disekitar kita memiliki ciri mendasar yang hampir sama dengan makhluk yang
lainnya. Ciri tersebut adalah : bernafas, bergerak, tumbuh dan berkembang,
membutuhkan makan dan minum, berkembangbiak, peka terhadap rangsang, serta
menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
·
Setiap saat makhluk hidup membutuhkan
energy untuk aktivitas hidupnya.energi yang dimiliki oleh makhluk hidup berasal
dari makanan yang mereka makan. Cara makhluk hidup mendapatkan energy dari
makanan yang dimakannya melalui proses pernafasannya.
·
Alat pernafasan yang dimiliki makhluk
hidup, seperti insang, trakea, paru-paru, stomata dan lentisel.
·
Alat gerak yang dimilik makhluk hidup
diantaranya : flagel, bulu getar, sirip, sayap, tangan, kaki.
·
Pertumbuhan (growth) adalah proses
pertambahan volume yang bersifat irrevelsible (tidak dapat kembali ke bentuk
semula) pertambahan volume ini disebabkan karena pertambahan jumlah sel dan
pertambahan ukuran sel. Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa di ukur
dengan alat ukur. Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan
kearah kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif.
·
Makhluk hidup memerlukan makan dan
minum, salah satu fungsi makanan dan minuman bagi makhluk hidup adalah sebagai
sumber energy.
·
Untuk melestarikan kelangsungan hidupnya
makhluk hidup berkembangbiak/bereproduksi. Berkembangbiak dapat dilakukan
dengan cara generative (seksual) dan vegetative (aseksual).
·
Beradaptasi atau menyesuaikan diri
terhadap lingkungan dilakukan dengan tujuan agar makhluk hidup dapat bertahan
hidup di lingkungannya.
F.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific
2. Metode
: Diskusi dan pengamatan
3. Model
: Discovery Learning
G.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
MEDIA
a. Lingkungan
b. Gambar
2.
ALAT
DAN BAHAN
a. Lembar
kerja siswa
b. Benda-benda
disekitar sekolah
-
Hewan dan tumbuhan yang ada disekitar
sekolah
-
Meja
-
Kursi
-
Batu , dll
3.
SUMBER
BELAJAR
a. Buku
IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b. Beberapa
makhluk hidup dan benda tak hidup
c. LKS
ciri-ciri makhluk hidup
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulation)
|
Pemusatan
perhatian
-
Menyiapkan peserta didik untuk belajar
-
Guru meminta peserta didik keluar kelas untuk
mengamati benda-benda disekitar kelas, kemudian guru mengajukan pertanyaan :
·
Apa saja yang kalian lihat di luar kelas tadi?
·
Apakah benda-benda yang kalian lihat di luar kelas
tadi memiliki ciri-ciri yang sama?
·
Sebutkan perbedaan yang terdapat pada benda-benda
tersebut
-
Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
-
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yan akan
dilakukan yaitu melakukan pengamatan dilingkungan sekitar sekolah untuk
mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup
-
Membagi lembar kerja yang berisi tabel pengamatan.
-
Membagi peserta didik dalam kelompok,
masing-masing terdiri dari 5 orang.
-
Pesrta didik mengamati benda disekitar sekolah
secara berkelompok
-
Peserta didik bersama kelompoknya berdiskusi untuk
mengkaji Lembar Kerja
-
Peserta didik mencatat hasil pengamatan pada kolom
yang tersedia pada LKS
-
Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja.
-
Mempresentasikan hasil pengamatan masing-masing
kelompok didepan kelas.
-
Diskusi hasil pengamatan yang sudah
dipresentasikan.
-
Membuat kesimpulan
|
50 menit
|
Penutup
|
|
-
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
penghargan lain) pada kelompok yang berkinerja baik
-
Peserta didik menjawab kuis tentang ciri-ciri
makhluk hidup
-
Pemberian tugas
untuk mempelajari tentang pengklasifikasian benda tak hidup
|
20 menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Metode
dan bentuk instrument
Metode
|
Bentuk
instrumen
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes
unjuk kerja
|
Laporan
hasil pengamatan
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
2.
Instrument
a.
Lembar
pengamatan sikap
LEMBAR PENILAIAN SIKAP PADA
KEGIATAN DISKUSI
NO
|
Nama
|
Tangung
jawab
|
Percaya
diri
|
Kerjasama
|
Jumlah
skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
Rubric penilaian sikap dalam
kegiatan diskusi
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubric
|
Nilai
|
1
|
Tanggung jawab
|
Tekun
dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
teoat waktu.
|
3
|
Berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
|
2
|
||
Tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
1
|
||
2
|
Percaya diri
|
Aktif
dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan idea tau gagasan
|
3
|
Aktif
dalam Tanya jawab , idak ikut megemukakan pendapat
|
2
|
||
Tidak
aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide
|
1
|
||
3
|
Kerjasama
|
Bekerjasama
dengan baik dan menghargai pendapat teman
|
3
|
Bekerjasama
dengan baik dan kurang menghargai pendapat teman
|
2
|
||
Tidak
bekerjasama dengan baik dan tidak menghargai pendapat teman
|
1
|
Nilai
= %
Keterangan
;
Nilai
|
Range
|
A
|
91
– 100
|
B
|
81
– 90
|
C
|
71
– 80
|
D
|
61
– 70
|
E
|
£ 61
|
b.
Lembar
pengamatan ketrampilan
No
|
Nama benda
disekitar skolah
|
Ciri-ciri
benda
|
Penggolongan
benda
|
|
Makhluk hidup
|
Benda tak
hidup
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubric penilaian
Skor
1 apabila jawaban benar
Skor
0 apabila jawaban salah
Nilai
c.
Instrumenst
soal tertulis
Jawablah soal berikut dengan benar dan
jelas!
1) Jelaskan
ciri mendasar yang dimiliki makhluk hidup sehingga dapat membedakannya dengan
benda mati!
2) Bagaimana
cara makhluk hidup menjaga kelestarian hidup jenisnya?
3) Apakah
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?
4) Apakah
yang terjadi pada makhluk hidup jika terjadi perubahan pada linkungannya?
5) Tulislah
2 fenomena alam yang menjadi petunjuk bahwa tumbuhan dapat bergerak!
Kunci jawaban
1) Berkembangbiak
2) Berkembangbiak
3) Pertumbuhan
(growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat irrevelsible (tidak
dapat kembali ke bentuk semula) pertambahan volume ini disebabkan karena
pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel. Pertumbuhan bersifat
kuantitatif artinya bisa di ukur dengan alat ukur. Sedangkan perkembangan
(development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan
bersifat kualitatif.
4) Melalui
adaptasi
5) Daun
pada petai cina menutup pada sore hari, dan gerak ujung akar menuju ke air
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMP N 1 Sambong
Hermawan S.Pd
NIP. 19650306198903
1 012
|
Sambong, Juli 2014
Guru Mata
Pelajaran
Rinny
Hariyanti S.Pd
|
LEMBAR KERJA SISWA
1.
TUJUAN
a. Mengetahui
perbedaan makhluk hidup dan benda tak hidup
b. Mengetahui
ciri-ciri makhluk hidup
2.
CARA
KERJA
-
Bekerjasamalah dengan anggota kelompokmu
-
Amati lingkungan di sekitar sekolah
-
Isilah tabel dibawah ini dengan nama
benda yan diamati beserta ciri-ciri dan penggolongannya!
3.
TABEL
PENGAMATAN
No
|
Nama benda
disekitar skolah
|
Ciri-ciri
benda
|
Penggolongan
benda
|
|
Makhluk hidup
|
Benda tak
hidup
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
PERTANYAAN
Dari
tabel pengamatan yang telah kalian isi jawablah pertanyaan berikut :
1. Benda
apa sajakah yang termasuk makhluk hidup?
2. Apa
yang membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup?
3. Sebutkan
ciri-ciri apa saja yang dimiliki oleh makhluk hidup?
bermanfaat sekali rpp nya
BalasHapusterimaksih
Hapus